Hari
Berlangganan melalui Email
Berlanganan
Ikuti saya di facebook
Facebook
Ikuti saya di twitter
Twitter
Advertise | Hubungi Saya | Buku Tamu | About us | Kegiatan | Peta Situs
ALEXA RANK
PER TAHUN
TRANSLATE
IKUTI
Headline
1 2 3 4 5 6

Ingat Pesan Socrates Ini Sebelum Bicarakan Orang Lain

PHYLOPOP.com - Pada zaman Yunani kuno, Socrates terkenal memiliki pengetahuan yang tinggi dan sangat terhormat.

Suatu hari seorang kenalannya bertemu dengan filsuf besar itu dan berkata, "Tahukah Anda apa yang saya dengar tentang teman Anda?"

"Tunggu sebentar," Socrates menjawab. "Sebelum Anda menceritakan apapun pada saya, saya akan memberikan suatu test sederhana yang disebut Triple Filter Test.

Filter pertama adalah KEBENARAN.

"Apakah Anda yakin bahwa apa yang akan Anda katakan pada saya itu benar?"

"Tidak," jawab orang itu, "Sebenarnya saya HANYA MENDENGAR tentang itu."

"Baik," kata Socrates. "Jadi Anda tidak yakin itu benar. Baiklah sekarang saya berikan filter yang kedua."


Filter kedua adalah KEBAIKAN.

"Apakah yang akan Anda katakan tentang teman saya itu sesuatu yang baik?"

"Tidak, malah sebaliknya… "

"Jadi… " Socrates melanjutkan, "Anda akan menceritakan sesuatu yang buruk tentang dia, tetapi Anda tidak yakin apakah itu benar. Anda masih memiliki satu kesempatan lagi, masih ada satu filter lagi, yaitu filter ketiga.

Filter ketiga adalah KEGUNAAN.

"Apakah yang akan Anda katakan pada saya tentang teman saya itu berguna bagi saya?"

"Tidak, sama sekali tidak."

"Jadi… " Socrates menyimpulkannya, "bila Anda ingin menceritakan sesuatu yang belum tentu benar, bukan tentang kebaikan, dan bahkan tidak berguna, mengapa Anda harus menceritakan itu kepada saya?"

Itulah mengapa Socrates dianggap filsuf besar dan sangat terhormat.

Gunakan triple filter test setiap kali kita mendengar atau Menyampaikan sesuatu tentang kawan kita. Jika bukan KEBENARAN, bukan KEBAIKAN, dan tidak ada KEGUNAAN positif, tidak perlu kita terima atau kita sampaikan. Dan apabila kita terlanjur mendengarnya, jangan sampaikan pada orang lain, dan jangan menyakiti hati orang.

Surat Terbuka di Hari Kemenangan Idul Fitri 1436 H

SURAT TERBUKA

Kepada
Yth. Saudara/i-ku Seiman
dan Setanah Air
di -
Tempat


Salam Hangat Selalu,

Di awal bulan Syawal 1436 H ini, perkenankan saya mendoakan untuk kebaikan bersama sbb:

(Sebelum membaca mohon aminkan setiap barisnya)

Taqabbalallahu Minna wa Minkum, Shiyamana wa Shiyamikum,Taqabbal ya Karim.

Semoga segala dosa dan khilaf kita selama ini diampuni Allah SWT dan segala amal dilipatgandakan ganjarannya.

Semoga kita diperkenankan untuk berjumpa lagi dengan Ramadhan-Ramadhan mendatang.

Semoga kedepan amal kebaikan menggunung, dosa dan salah menjauh.

Semoga jasmani dan rohani kita semakin sehat dan prima.

Semoga segala cita dan harap terkabul segera.

Semoga kita dapat beraktivitas dengan lebih semangat lagi.

Dan ...

Buat saya dan keluarga, segala salah dan khilaf, tersirat maupun tersurat mohon dimaafkan.

Selamat merayakan hari kemenangan Ramadhan 1436H.

Allahu Akbar...
Allahu Akbar...
Allahu Akbar...
La Ilaha Illallah Huwallahu Akbar...
Allahu Akbar Walillahilhamdu...

Depok, 20 Juli 2015 (H+3)

Hormat Saya
ttd
Zainudin dan Keluarga

(Surat terbuka ini juga bisa dilihat di www.phylopop.com)

Sejarah Idul Fitri

PHYLOPOP.com - Hakikat Idul Fitri adalah perayaan kemenangan iman dan ilmu atas nafsu di medan jihad Ramadhan. Jauh sebelum Islam, masyarakat Jahiliyah Arab sudah memiliki dua hari raya, yakni Nairuz dan Mahrajan.

Kaum Arab Jahiliyah menggelar kedua hari raya itu dengan pesta pora. Selain menari-nari, baik tarian perang maupun ketangkasan, mereka bernyanyi dan menyantap hidangan lezat serta minuman memabukkan.

Setelah turun kewajiban menunaikan ibadah puasa Ramadhan pada 2 Hijriyah, sesuai dengan hadis yang diriwayatkan Abu Dawud dan An-Nasa’i, Rasulullah SAW bersabda, ‘’Sesungguhnya Allah mengganti kedua hari raya itu dengan hari raya yang lebih baik, yakni Idul Fitri dan Idul Adha.’’

Hari Raya Idul Fitri pertama kali dirayakan umat Islam, selepas Perang Badar yang terjadi pada 17 Ramadhan 2 Hijiriyah. Dalam pertempuran itu, umat Islam meraih kemenangan. Sebanyak 319 kaum Muslimin harus berhadapan dengan 1.000 tentara dari kaum kafir Quraisy.

Pada tahun itu, Rasulullah SAW dan para sahabat merayakan dua kemenangan, yakni keberhasilan mengalahkan kaum kafir dalam Perang Badar dan menaklukkan hawa nafsu setelah sebulan berpuasa. Menurut sebuah riwayat, Nabi SAW dan para sahabat menunaikan shalat Id pertama dengan kondisi luka-luka yang masih belum pulih akibat Perang Badar.

Menurut Hafizh Ibnu Katsir, pada Hari Raya Idul Fitri yang pertama, Rasulullah SAW pergi meninggalkan masjid menuju suatu tanah lapang dan menunaikan shalat Id di atas lapang itu. Sejak itulah, Nabi Muhammad SAW dan para sahabat menunaikan shalat Id di lapangan terbuka.

Tepat pada 1 Syawal, kaum Muslim disunahkan melaksanakan shalat Id, baik di lapangan terbuka maupun di masjid, sebanyak dua rakaat dan kemudian dilanjutkan dengan khutbah .

Phylopop.com Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H


PHYLOPOP.com - Menyambut datangnya hari kemenangan tahun ini, Phylopop.com mengucapkan selamat merayakan Idul Fitri 1436 H bagi yang merayakan. Momentum yang fitri ini sangat tepat kiranya kami segenap kru Phylopop.com mengucapkan minal aidin walfaidzin mohon maaf lahir dan batin.

Tentu selama ini, banyak hal yang kita lalui bersama, baik melalui rubrik atau artikel-artikel yang dimuat di Phylopop.com, maupun kekhilafan kami dalam melayani dan menanggapi permintaan serta keluhan Phylovers terkait layanan yang kami sediakan. Tentu semua itu merupakan kekhilafan yang datang dari diri kami, karena kelalaian kami, karena keengganan kami, bahkan karena keegoisan kami. Oleh karena itu, kami memohon dengan segala kerendahan hati untuk membukakan pintu maaf yang selebar-lebarnya.

Biarlah kesalahan dan kekhilafan kami di masa yang lalu, menjadi cermin bagi kami untuk terus menata diri dan melayani dengan sepenuh hati. Kami akan senantiasa mewujudkan apa pun yang menjadi masukan dan kritik yang masuk, sebatas kemampuan yang kami bisa.

Semoga Phylovers di mana pun berada selalu setia bersama kami. Amin!

Dialog Singkat Bikin Ngakak Saat Puasa Ramadhan

PHYLOPOP.com - Berpuasa terkadang membuat sebagian orang lebih sering diam daripada berbicara atau bernyanyi. Apalagi sampai tertawa terbahak-bahak.

Nah, untuk menambah keceriaan Ramadhan meski perut kosong, berikut Phylopop sajikan beberapa dialog ringan yang semoga membuat ketawa terbahak-bahak.

Wudhu Pake Bayar

Ibu   :  Puasa gini panas-panas mau kemana le?
Soleh: Mau wudhu bu
Ibu   :  Duh rajinnya anakku. Tapi kok bawa duit?
           Kan di musholah air gratis.
Soleh: Siapa bilang airnya gratis bu.
Ibu    : Mang air wudhu apa yang pake bayar le?
Soleh: Kan wudhunya pake air kelapa muda bu.
Ibu    : Itu mau mah batalin puasa....!!!

Pacaran di Bulan Puasa 1

Cowok: Kalo liat kamu aku jadi pengen cepet-cepet buka puasa.
Cewek: Makasih, aku pasti manis?
Cowok: Bukan, tapi muka kamu mirip Es buah
Cewek: Iiihh kesel.. awas ya…
Cowok: Habisnya sudah lapar banget nih..

Pacaran di Bulan Puasa 2

Cowok: Kamu udah buka?
Cewek: Udah, kamu masuk aja gpp
Cowok: Maksud aku buka puasa
Cewek: Oh kirain buka hati, hehehe..
Cowok: #dikeplak

Pelayan Toko Bangunan

Pembeli: Tolong dong pakunya 1 kg
Pelayan: Dibungkus ya?
Pembeli: Enggak, makan di sini aja!! Ya iyalah, gw kan lagi puasa.. (kesal)
Pelayan: $^$^%&^%&(* (mikir, yang oon siapa sih)

Benarkah Tidur Dapat Pahala?

Santri   : Ustadz, saya mau tanya apa benar tidurnya orang berpuasa itu pahala?
Ustandz: Benar, asal seperlunya, karna yg terbaik adalah mengisinya dengan amal ibadah, TAPI... puasa anda akan batal apabila tidur diawal bulan Ramadhan dan terbangunnya ... di bulan Syawal.

Tata Cara Membayar Zakat Fitrah

PHYLOPOP.com - Bentuk Zakat Fitrah dapat berupa makanan pokok seperti beras, gandum, keju dan makanan pokok lain atau berupa uang sebesar bahan pokok.

Berapa Besar Zakat Fitrah?

Zakat Fitrah yang wajib dibayar oleh 1 orang adalah 2,5 kg makanan pokok.

Kapan Membayar Zakat Fitrah?

Waktu yang sangat tepat adalah mulai dari terbit fajar pada hari idul fitri hingga dekat waktu pelaksanaan sholat ied. Waktu yang diperbolehkan berzakat yaitu satu atau dua hari sebelum ied.

Bagaimana Niat dan Doanya?

Niat zakat pribadi “Nawaitu an ukhrija zakatal fitrati ‘an nafsi fardan ‘alayya lillahi ta’ala”. Artinya “Saya berniat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri, wajib atasku karena Allah ta’ala”.
Niat zakat bagi keluarga “Nawaitu an ukhrija zakatal fithrati ‘an nafsi wa ahli……fardan ‘alayya lillahi ta’ala”. Artinya “Saya berniat mengeluarkan zakat fitrah, bagi diriku dan keluargaku (sebutkan namanya satu persatu) wajib atasku karena Allah”.

Siapa Yang Berhak Menerima Zakat Fitrah?

Sesungguhnya, zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mualaf yang dibujuk hatinya, untuk memerdekakan budak, orang yang berutang, untuk jalan Allah, dan untuk mereka yang sedang dalam perjalanan, sebagai suatu ketetapan yang diwajibkan Allah (Qs. At-Taubah:60).

Dari Ayat di atas menjelakan mengenai 8 golongan yang berhak menerima zakat: fakir, miskin, amil, mualaf, budak, berhutang, fisabilillah, dan ibnu sabil.

Semoga kita semua tergolong orang-orang yang tidak lalai menjalankan perintah zakat, serta amanah dalam mengelolanya. Amin!

Teka Teki Silang Edisi Puasa Ramadhan


Pertanyaan

Mendatar:
3. Mengingat Allah
5. Hamba Allah yang taat
8. Iqra
10. Perbuatan baik
11. Batas alam dunia dan akhirat
12. Tempat para bidadari & kekal
13. Karya Allah

Menurun:
1. Mengingat Allah
2. Salah satu Sunnah puasa
4. Iman; percaya pada Allah
6. Alam setelah kematian
7. Penutup aurat
8. Tidak sulit
9. Kitab suci

Ketawa Ngakak Edisi Puasa Ramadhan

PHYLOPOP.com - Berpuasa terkadang membuat sebagian orang lebih sering diam daripada berbicara atau bernyanyi. Apalagi sampai tertawa terbahak-bahak.

Nah, untuk menambah keceriaan Ramadhan meski perut kosong, berikut Phylopop sajikan beberapa dialog ringan yang semoga membuat ketawa terbaha-bahak.

Maaf Saya Sedang Puasa

Pemotor: "Mas, premiumnya 5 liter"
Mas SPBU: "Tangki motor bapak paling 4 liter"
Pemotor: "Yang 1 liternya di bungkus plastik aja"
Mas SPBU: "Gak diminum disini aja , Pak?"
Pemotor: “Maaf saya sedang puasa”
Mas SPBU: ($&()Q(%%*&$

Papah, Kapan Dapat THR?

Istri    : “Pah.. kapan dapat THR dari kantor?”
Suami: “Kemarin kan sudah papa kasih ke mama”.
Istri    : “Oh ya, itu. Kalau yang dilaci papa itu apa?”
Suami: “Yang mana? Sudah gak ada lagi”
Istri    : “Di amplop coklat, diselipkan dalam buku”.
Suami: “Oh itu, itu uang sial...”
Istri    : “Kok uang sial sih pak?”
Suami: “Iya emang uang sial itu. Sudah disembunyikan masih ketahuan juga”.

Ramadhan di India dan Setan

Menunggu berbuka, dua santri main tebakan.
Jono: “Ramadan ramadan apa yang paling ngetop dan paling melegenda di India?”
Amri: “Mana ada. Indiakan mayoritas non Muslim”.
Jono: “Ada dong.. Nyerah?”
Amri: “Iya deh aku nyerah”
Jono: “Ramadan Sinta” Jawab Jono sambil tertawa.
Amri: “Klo gitu, setan apa yang banyak berkeliaran di bulan Puasa”. Balas Amri tak mau kalah.
Jono: “Kan setan semua dibelenggu”
Amri: “Iya, tapi ada satu setan yang lepas”.
Jono: “Apa dong, saya gak tau”.
Amri: “Setan bazar alias stand bazar”.

Mau Paha atau Dada?

Seorang Santri pertama kalinya masuk KFC.
Cewek: “Selamat sore. Mau dada atau paha mas?”
Santri: “Astagfirullah, istigfar mbak. Ini bulan Puasa”
Cewek: “Maksud saya paha atau dada ayam mas”.
Santri: “Ooo.. kirain. Klo gitu terserah mbak aja”.

Tips Ibu Menyusui Selama Puasa Ramadhan

PHYLOPOP.com - Ibu menyusui membutuhkan tambahan sekitar 700 kalori perhari, 500 kalori dari makanan ibu dan 200 kalori dari cadangan lemak dalam tubuh ibu. Jadi, sangat penting jika berpuasa untuk tetap mempertahankan pola makan 3x sehari dengan menu gizi seimbang (sahur, berbuka, dan menjelang tidur sesudah tarawih).

Perbanyak Konsumsi Cairan

Mulai dari berbuka hingga sahur. Minum segelas susu setiap sahur bisa mengurangi ancaman anemia bagi ibu hamil dan menyusui. Berbuka puasa dengan minuman hangat, akan merangsang kelancaran ASI bagi ibu menyusui.

Istirahat Yang Cukup

Jika merasa lemas, cobalah untuk istirahat sejenak, bisa tidur atau sekadar relaks tenangkan pikiran. Perlu diketahui, semakin sering bayi minum ASI langsung, semakin banyak ASI diproduksi. Jadi, bila selama puasa ibu tetap rajin menyusui, ASI akan tetap lancar.

Tetap Tenang dan Percaya Diri

Ibu hendaknya tetap tenang beribadah dan percaya diri terus menyusui, jangan merasa khawatir ASI berkurang. Rasa cemas justru menghalangi kerja hormon Oksitosin mengeluarkan ASI, sehingga nampak seolah ASI ibu berkurang. Ingatlah bahwa menyusui pun juga ibadah.

Meminum Madu, Kurma dan Habbtussauda

Meminum madu, kurma dan habbatussauda, bisa menjaga kualitas ASI, karena merupakan vitamin alami dan komposisinya lengkap.

Jika Ibu Bekerja

Sebaiknya tetap memerah ASI di tempat kerja, karena jika ASI tidak dikeluarkan maka produksi ASI akan menurun. Jika memiliki aktivitas yang cukup tinggi, mungkin perlu pertimbangkan tidak berpuasa bila si kecil masih menyusu, sebab Islam pun memberi keringanan bagi ibu yang menyusui.

Pertanyaan yang Sering Diajukan Tentang Puasa Ramadhan

PHYLOPOP.com - Ramadhan merupakan bulan dimana umat Islam berlomba-lomba mengumpulkan pahala di bulan berkah. Namun masih banyak pertanyaan yang mungkin belum terjawab bagi sebagian orang.

Berikut kami sarikan beberapa pertanyaan tersebut sebagai bekal berpuasa.

Bagaimana Puasanya Rasulullah?

Rasulullah berpuasa sambil beraktivitas yang bermanfaat. Karya-karya Beliaupun dicapai di bulan suci Ramadhan. Sebut saja di antaranya kemenangan Perang Badar dan keberhasilannya menguasai Kota Mekkah. Setiap Ramadhan bertadarus.

Beliau bangun untuk sahur menjelang fajar. Menjelang berbuka hingga adzan beliau berzikir. Beliau berbuka dengan 3 biji kurna, lalu shalat magrib. Sepuluh hari terakhir, beliau tinggal di masjid untuk beritikaf.

Kapan Niat Untuk Berpuasa? 

Mayoritan ulama berpandangan waktu berniat sejak tenggelam matahari hingga sesaat sebelum terbit fajar. Mengucapkan niat tidak wajib, cukup tekad dalam hati. Mazhab Hanifah, niat puasa sesudah terbit fajar puasa tetap sah. Mazhab Maliki tidak mensyaratkan setiap malam, niat puasa sebulan penuh di awal Ramadhan sudah cukup.

Memakai Oksigen, Inhaler dan Parfum Saat Berpuasa?

Manusia menghirup udara selama berpuasa. Karena itu, pemakaian oksigen, menghirup parfum, dan wewangian tidak membatalkan puasa. Memakai inhaler juga Insya Allah tidak membatalkan puasa jika memang pemakaian itu diperlukan.

Bagaimana Puasanya Orang Marah? 

Marah tidak membatalkan puasa, tetapi mengurangi nilainya jika dilakukan tidak pada tempatnya. Karena marah demikian dari setan.

Ibu Hamil, Menyusui dan Haid Saat Berpuasa?

 Boleh tidaknya ibu hamil berpuasa tergantung kondisinya. Islam membolehkan ibu hamil tidak berpuasa jika dikhawatirkan ada efek negatif bagi dirinya atau bayi. Jika yang hamil dan menyusukan tidak puasa, wajib ganti di hari lain tanpa bayar fidyah (Mazhab Hanifah).

Safi’i dan Hambali, bila keduanya hanya khawatir keadaan bayi atau janin saja, maka mengganti dengan tambahan bayar fidyah. Mazhab Malik boleh tidak bayar fidyah bagi yang hamil, hanya wajib qadha dan fidyah bagi yang menyusukan. Fidyah memberi makan setiap hari tidak berpuasa kepada orang miskin.

Semua mazhab dan ulama sepakat mensyaratkan sahnya puasa adalah sucinya wanita dari haid dan nifas.

Utang Puasa Ramadhan Dibayar Ahli Waris?

Jika meninggal sebelum melunasi puasanya karena alasan yang dibenarkan (sakit, musafir, dll) maka tidak wajib baginya berpuasa. Karena itu, tidak perlu diganti oleh ahli waris. Tapi jika sebelum meninggal kondisinya mampu berpuasa, maka dia berdosa namun tidak wajib berpuasa oleh ahli waris untuknya.

Imam Safi’i berpendapat tidak sah puasa ahli warisnya, tetapi ahli waris hendak memberi makan seorang miskin setiap hari. Hambali berpendapat lain, wali mengganti dengan puasa.

Bagaimana Puasa Orang Meninggalkan Shalat?

Jika tidak shalat karena tidak meyakini shalat adalah wajib, puasanya tidak sah. Ulama sepakat orang itu kafir, tidak sah ibadahnya. Namun jika tidak shalat karena malas namun tetap meyakininya sebagai kewajiban, semoga puasanya tetap sah walau dia tetap dapat siksaan karena tidak shalat.

Bolehkan Ijab dalam Hati Saat Berzakat? 

Boleh, karena ijab dan kabul tidak harus diucapkan karena serah terima dengan niat, untuk penyerahan zakat, sudah merupakan ijab kabul.

Bolehkan Jual Makanan di Siang Hari?

Tidak ada larangan jual beli dengan non muslim, orang sakit, dan musafir. Jula beli untuk yang sedang berpuasa juga boleh asal niat untuk berbuka. Namun akan berdosa jika melayani muslim yang wajib berpuasa dan diketahui akan memakannya di siang hari Ramadhan.

Benarkah Ada 3 Tahap Puasa Ramadhan?

Abu Hurairah menyatakan bahwa nabi berkhutbah pada Jum’at bulan Sya’ban menyakatan: “Bulan Ramadhan awalnya rahmat, pertengahannya ampunan, dan akhirnya bebas dari neraka”. Hadist ini diperselisihkan kesahihannya. Namun pentahapan itu wajar karena mengisyaratkan proses peningkatan ketaqwaan berkesinambungan orang berpuasa.

Apa Keutamaan Umrah di Bulan Ramadhan? 

Banyak hadits menyatakan berlipatgandanya pahala/ganjaran di bulan Ramadhan. Ada yang mengatakan sebagai umrah khusus, pahalanya sama dengan haji (HR Muslim, an-Nasay dll melalui Ibnu Abbas). Namun, tetap saja tidak menggugurkan kewajiban haji. Ulama berbeda pendapat mana yang lebih baik, umrah Ramadhan atau di bulan Dzulhijjah.

Nabi Muhammad saw tidak melakukan umrah saat Ramadhan, tapi pada Dzulhijjah. Dasar itu, sebagian ulama mengatakan umrah Dzulhijjah lebih baik, namun ulama lain mengatakan keutamaan umrah Ramadhan atas dasar hadits di atas. Rasulullah umrah saat Dzulhijjah lebih karena bermaksud menantang kaum musyrik yang melarang umrah di Dzulhijjah.

Apa Hukum Menangis Saat Berpuasa?

Menangis disebabkan alasan apapun tidak membatalkan puasa. Jika menangis terharu karena ingat dosa atau prihatin melihat penderitaan orang lain atau mengingat kebesaran Allah, yang demikian justru beroleh ganjaran atau pahala.

Wallahu A'lam Bishawab!

(Disarikan dari buku “M. Quraish Shihab menjawab 1001 Soal Keislaman yang Patut Anda Ketahui”)


Oleh:
Zainudin
Widyaiswara Kemendagri 

Tulisan ini pernah dimuat di Buletin Jum'at Suara Widyaiswara Kementerian Dalam Negeri, Edisi 3, 16-22 Ramadhan 1436 H, Jum’at, 03-09 Juli 2015.

Dialog Ringan Yang Bikin Ngakak Saat Berpuasa

PHYLOPOP.com - Berpuasa terkadang membuat sebagian orang lebih sering diam daripada berbicara atau bernyanyi. Apalagi sampai tertawa terbahak-bahak. Nah, untuk menambah keceriaan Ramadhan meski perut kosong, berikut Phylopop sajikan beberapa dialog ringan yang semoga membuat ketawa terbaha-bahak.

Berbuka dengan Kurma

Suatu sore pada waktu berbuka puasa, seorang istri berkata kepada suaminya.
Istri    : "Pak.. apa tidak bisa sekali-sekali kalau buka puasa tidak pakai rokok, cobalah diganti pakai kurma gitu lho..!!"
Suami: "Kalau itu sih sudah aku coba berkali-kali, Bu.. Gak bisa nyala.."
Istri    : "!@#$%!!!"

Hampir Saja Batal Puasa

A: "Aduuhh Brooo tadi gue hampir aja batal puasa."
B: "Emang kenapa?"
A: "Itu.. adzan dzuhur mirip banget adzan maghrib!"

Apakah Berkumur Batalkan Puasa?

Tanya jawab di majelis menjelang berbuka puasa.
Santri  : Apakah berkumur membatalkan puasa?
Ustadz: tidak, berkumur dengan air putih dianjurkan apalagi untuk wudhu, yang membatalkan adalah berkumur-kumur dengan es buah, es kelapa muda, kuah pempek, dsb.

Menelepon Stasiun Radio

Seorang pria sedang berpuasa sepanjang hari hampir kehilangan akal krn lapar. Akhirnya menelepon stasiun radio favorit.
DJ: "Apa yang ingin Anda dengarkan?"
Orang itu menjawab, "Adzan Maghrib."

Warteg Buka Waktu Puasa

Lokasi Warteg pinggir jalan, siang hari saat puasa.
Udin : (muka serem) "Woi! mana nih yang jaga warteg!!??!"
Pemilik warteg : "Aa.. ada apa, Pak?"
Udin : (membentak) "Bpk yang punya warteg ini?"
Pemilik Warteg : "Ii..iya pak."
Udin : "Ini kan bulan puasa, hormati dong. Kalo jualan pake tirai kek supaya gak keliatan."
Beberapa menit kemudian, pemilik warteg pasang tirai penutup. Udin masuk lagi ke dalam Warteg.
Udin : "Nah gitu dong, Pesen es Tehnya satu ya..."
Pemilik warteg : "??&^%%*%$#?!!"

Dapatkan

 

| Terima Jasa | Pembuatan Blog | Desain Blog | Pelatihan Blog | Beli Domain | Konsultasi Gratis |