Hari
Berlangganan melalui Email
Berlanganan
Ikuti saya di facebook
Facebook
Ikuti saya di twitter
Twitter
Advertise | Hubungi Saya | Buku Tamu | About us | Kegiatan | Peta Situs

Perbedaan Dana Alokasi Khusus dan Dana Alokasi Umum


PHYLOPOP.com - UU Nomor 32 Tahun 2004 mendefinisikan secara spesifik DAU dan DAK berdasarkan fungsinya sebagai dana perimbangan. Berikut Phylopop sarikan perbedaan keduanya.

Dana Alokasi Khusus
DAK atau Dana Alokasi Khusus adalah salah satu dana perimbangan yang menjadi bagian dari sumber pendapatan daerah. Ketentuan lebih lanjut mengenai DAK diatur dengan Peraturan Pemerintah. DAK dialokasikan dari APBN kepada daerah tertentu dalam rangka pendanaan pelaksanaan desentralisasi untuk : (1) mendanai kegiatan khusus yang ditentukan Pemerintah atas dasar prioritas nasional, dan (2) mendanai kegiatan khusus yang diusulkan daerah tertentu.

Dana Alokasi Umum
DAU atau Dana Alokasi Umum adalah salah satu dana perimbangan yang menjadi bagian dari sumber pendapatan daerah. DAU dialokasikan berdasarkan persentase tertentu dari pendapatan dalam negeri neto yang ditetapkan dalam APBN. DAU untuk suatu daerah ditetapkan berdasarkan kriteria tertentu yang menekankan pada aspek pemerataan dan keadilan yang selaras dengan penyelenggaraan urusan pemerintahan yang formula dan penghitungan DAU-nya ditetapkan sesuai Undang-Undang.


Artikel Terkait Lainnya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silakan ketik komentarmu di sini >>

 

Jasa Pembuatan Blog